Ini dia perbandingan SSD vs HDD

Sebagai seller (penjual) produk penyimpanan berbasis chip seperti SSD dan FD, kadang saya merasa pusing juga, bayangkan, harga media simpan seperti SSD dan Flashdisk akhir-akhir ini terjun bebas hampir 50%.

SSD yang dulunya kita jual dengan harga 900rb an dengan kapasitas 240GB kini hanya berkisar 500rb-an saja. Jadi, sekarang memang saat yang tepat untuk upgrade HDD ke SSD.

Demikian juga dengan harga flashdisk, FD kapasitas 16GB, yang dulu harga 80rb-an, kini cuma berharga 50rb-an, sebentar lagi dipastikan di bawah 50rb.

Dan FD kapasitas 32GB sudah tembus di angka 80rb an. Ini harga FD Kingston ya, yang sudah berkecepatan USB 3.0.

Penurunan, harga ini jelas menguntungkan pengguna seperti bro dan sis semua 🙂

Bicara tentang SSD, tentu banyak keuntungan yang kita dapat. Selain kinerja lebih cepat, juga kemungkinan data lost (hilang) lebih kecil.

Kemungkinan data lost pada hdd memang lebih besar karena faktor mekanis dan magnetis yang ada pada hdd itu sendiri dibandingkan SSD yang berbasis chip.

Yang perlu diketahui adalah bahwa data di media apapun tetap rentan terhadap virus. Di dunia ini tidak ada yang aman 100%. Kalau mau lebih aman, solusinya hanya satu, selalu cadangkan data di media lain atau di awan (cloud).

Kembali ke topik, berikut perbandingan kinerja SSD dan HDD yang kita ambil dari halaman tirto.id :

Perbedaan SSD dan HDD
Perbandingan SSD vs HDD

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *