My story, komplain pembelian di situs marketplace

Saya tidak bermaksud menggadang-gadangkan marketplace. Marketplace memiliki sisi buruk, namun juga memiliki sisi kebaikan. Salah satu sisi baik yang ingin saya ceritakan adalah pada komplain barang yang kita beli / komplain pembelian.

Saya menyukai marketplace karena alasan uang kita aman. MP itu sebagai penengah. Untuk membeli pada penjual yang belum punya akun MP, misal hanya punya web jualan saja, saya masih ragu.

Keraguan ini timbul karena seringkali performa seller kurang bagus. Misal lemot menanggapi chat, lambat merespon pesanan (order barang), sampai abai terhadap komplain barang.

Ini adalah masalah klasik bagi seller yang belum berjualan secara tersistem atau tidak mempunyai team (semuanya dipegang sendiri).

Ini akan berbeda apabila kita belanja via MP. Salah satu kasus komplain adalah pembelian barang saya ke seller di situs toped, komplain saya ajukan karena barang tidak sesuai pesanan. Bukti barang yang tidak sesuai saya foto dan saya kirimkan. Respon si penjual sendiri sebenarnya lambat.

Namun yang membuat saya tenang adalah admin tokopedia langsung terjun menjadi penengah permasalahan saya. Jadi, pihak tokopedia sendiri sangat peduli dengan masalah komplain ini atau tidak tinggal diam.

Dalam kasus komplain barang pesanan saya ini, jika pihak penjual tidak responsif (abai), uang saya masih bisa kembali.

Saya tidak bermaksud men-generalisir bahwa semua pemilik web jualan kurang respon, banyak dari mereka pemilik web jualan sangat bagus responnya & sangat care. Mereka-mereka ini adalah para penjual tangguh karena punya sistem penjualan yang bagus 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *