Pengalaman saya dengan Gen yang belum memaksimalkan internet

Beberapa hari lalu, saya mencari lampu lcd proyektor Acer X1183G, kebetulan di kontak WA, ada seseorang yang saya kenal, namun tidak kenal dekat. Saya perhatikan, dia ini seorang pemain spesialis perbaikan lcd proyektor (tukang servis lcd proyektor). Saya tahunya dari percakapan yang sudah-sudah, dan dia ini pernah menawarkan spare part lcd proyektor.

Saya pun menanyakan lampu lcd proyektor Acer tersebut, dan dia ini, sebut saja namanya wawan punya stok lampu tersebut. Setelah dapat info harga dan cocok dengan harganya, saya pun memesan lampu lcd proyektor tsb.

Karena baru kenal, saya tidak berani order langsung, disamping harganya juga tidak murah, di sisi lain saya baru kenal orang ini. Kalau dalam ilmu jualan, kepercayaan untuk transaksi belum terbentuk.

Saya menanyakan apakah dia memiliki website atau minimal sebuah akun di marketplace (MP) seperti toped. Sayang, setelah ditanyakan, dia tidak memiliki website maupun akun di marketplace.

Jadinya, untuk order saya jadi ragu, saya menyarankan wawan untuk membuat akun MP. Wawan pun menyanggupinya.

Setelah ditunggu 2 – 3 hari, saya tunggu kabar, ternyata belum dibuat juga akunnya. Waduh, saya ini sudah sabar, ready to buy 😀

Pikir saya, di jaman seperti ini siapa sih yang tidak familiar dengan internet, website atau marketplace, apalagi bagi anak muda.

Apalagi juga kalau kita punya produk atau layanan seperti jasa. Hukumnya wajib 🙂 Eksis di website, sosial media, dan lain-lainnya merupakan salah satu sarana membangun kepercayaan dengan calon pembeli/pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *